Berita dunia Teknologi dan Hiburan

Friday, July 24, 2015

6 Fakta Seputar Kepler 452b

Kepler adalah sebuah misi untuk menemukan planet seperti bumi dengan ukuran yang sama atau lebih besar, memiliki karakteristik seperti halnya bumi dan yang paling penting, berpotensi untuk ditinggali.

Penemuan terbaru dari misi ini adalah planet Kepler 452b, sebuah planet yang disebut-sebut merupakan kandidat terkuat saat ini untuk menjadi "Earth 2.0", bumi kedua bagi umat manusia. Tentu saja hal ini masih sebatas teori karena dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang banyak aspek.


Ada 6 faktar seputar Kepler 452b :

1. Kepler 452b 60% lebih besar dari bumi

Planet Kepler 452b berukuran 60% lebih besar dari planet bumi kita, karena itulah planet tersebut diklasifikasikan sebagai super-earth oleh para ilmuwan. Sebelum ini pun, misi Kepler sudah banyak menemukan planet-planet super-earth lainnya bahkan yang berukuran jauh lebih besar.

2. Kepler 452b ada di jarak yang tepat untuk memungkinkan terciptanya air

Jarak antara Kepler 452b ke bintangnya hampir sama dengan jarak antara Bumi dan Matahari. Hal ini memungkinkan terciptanya air dalam wujud cair di planet tersebut seperti halnya di bumi. Air tidak akan membeku seperti halnya di Merkurius ataupun menguap seperti di Mars.

3. Letaknya 1400 tahun cahaya dari Konstelasi Cygnus

Konstelasi Cygnus adalah salah satu rasi bintang utara, dikenal pula dengan sebutan Salib Utara. Kecuali umat manusia menemukan teknologi lubang cacing atau teknologi berpergian dalam kecepatan cahaya, kita tidak akan menjelajahi planet Kepler 452b dalam waktu dekat.

4. Orbit Kepler 452b mirip dengan bumi


Planet tersebut membutuhkan waktu sekitar 385 hari untuk mengelilingi bintangnya, mirip seperti bumi yang membutuhkan waktu sekitar 365 hari untuk bisa mengelilingi matahari.

5. Planet tersebut diperkirakan lebih tua dari bumi

Bintang utama dari planet tersebut, Kepler 452 diperkirakan berusia sekitar 6 juta tahun, 1,5 juta tahun lebih tua dari matahari kita. Planet Kepler 452b pun diperkirakan memiliki usia yang sama dengan bintangnya.

NASA mengatakan bahwa Kepler 452b bisa disebut sebagai kakak sepupu dari planet bumi. Dengan kondisi yang mirip dengan bumi dan usia yang sudah mencapai 6 juta tahun, ada kemungkinkan kehidupan untuk tumbuh disana.

6. Belum ada sinyal apapun

Para astronom bersama SETI Institute telah menggunakan Allen Telescope Array yang berlokasi di selatan California untuk mendengarkan sinyal-sinyal yang mungkin datang dari sistem Kepler 452, tapi sejauh ini belum ada yang didapatkan.

Related : 6 Fakta Seputar Kepler 452b