Berita dunia Teknologi dan Hiburan

Friday, July 24, 2015

LINE Lite, Versi Ringan dari LINE

LINE tampaknya juga menaruh perhatian pada pasar menengah ke bawah, setelah sebelumnya Facebook meluncurkan Facebook Lite untuk perangkat Android, kini giliran perusahaan asal Jepang tersebut merilis LINE Lite.


Selama ini, LINE memiliki 205 juta pengguna aktif. Namun, lebih dari setengahnya hanya berada di tiga negara yaitu Jepang, Thailand dan Taiwan. Diharapkan dengan kehadiran versi yang lebih kecil dan ringan ini bisa menjangkau pasar di negara berkembang yang masih banyak menggunakan smartphone low-end dan akses internet yang terbatas.

LINE Lite sendiri berukuran download hanya 1 MB, saat ini tersedia untuk 11 negara saja yaitu Algeria, Kamboja, Kolombia, Mesir, India, Meksiko, Pakistan, Filipina, Saudi Arabia, Korea dan Vietnam. Tentu saja versi ini berbeda jauh dengan aplikasi LINE reguler karena tidak dilengkapi video atau audio call serta tidak adanya 'Timeline'. LINE Lite hanya fokus pada fitur chattingnya untuk saat ini dan fitur baru akan dihadirkan ke depannya.



LINE juga mengatakan bahwa mereka belum memiliki keinginan untuk merilis LINE Lite untuk iOS untuk saat ini.

Walau LINE Lite adalah sesuatu yang menarik, tapi tampaknya sulit menyingkirkan begitu saja pemain yang sudah menguasai aplikasi chatting untuk pasar negara berkembang ini seperti WhatsApp, Facebook Messenger dan sebagainya. Terlebih lagi, fitur yang ditawarkan LINE Lite tidak berbeda jauh dengan layanan sejenis.

Tags :

Related : LINE Lite, Versi Ringan dari LINE