Berita dunia Teknologi dan Hiburan

Tuesday, July 28, 2015

Semua yang Perlu Diketahui tentang OnePlus 2

OnePlus 2 telah diluncurkan secara resmi hari ini bertempat di kantor pusat OnePlus dengan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR). Sejumlah fans beruntung juga menjadi bagian dalam peluncuran ini.

OnePlus 2 hadir setelah 460 hari dalam masa pembuatannya, percampuran antara bocoran yang diberikan oleh OnePlus (baca : Kumpulan Berita Seputar OnePlus 2) disertai acara peluncuran yang menarik membuat produk ini menjadi headline dimana-mana.

Tapi, apakah memang OnePlus 2 sebagus dan sekeren itu? Ayo kita buktikan.

1. Spesifikasi OnePlus 2



Prossesor : 64-bit Snapdragon 810 octacore
GPU : Adreno 430
Dimensi : 151.8 x 74.9 x 9.85 mm
OS : Oxygen OS berbasis Android 5.1 Lollipop
RAM : 4GB/3GB LPDDR4
Penyimpanan : 64GB/16GB
Baterai : 3.300 mAh

Layar : 5.5 inchi
Resolusi : 1080p Full HD, 401 PPI
Proteksi : Corning Gorilla Glass 3

Kamera : 13 MP (Sensor OmniVision)
Lensa : 6 buah
Dilengkapi Optical Image Stabilization (IOS), Laser Autofocus dan Dual-LED flash.
Mampu merekam video 4K dan Slow-motion : 720p video, 120 fps
Kamera Depan : 5MP

Port : USB Type-C (Data & Charging)
Audio : Jack 3.5mm
SIM : Dual-Nano SIM
Sensor : Fingerprint, Accelerometer, Gyroscope, Proximity and Ambient Light

2. Desain OnePlus 2



Secara umum desain OnePlus 2 sangat mirip dengan OnePlus One, namun ada cukup banyak perbedaan. Diantaranya :

StyleSwap : Jika dulunya berganti cover artinya hanya berganti warna, maka StyleSwap menghadirkan lebih. Selain berganti warna, 'rasa' dari smartphone juga akan berbeda. Kemungkinan StyleSwap akan dibuat lebih mudah pada OnePlus 2 dibanding generasi sebelumnya.

Tanpa Logo menganggu : Di bagian depan, tidak ada logo yang menganggu dan dapat merusak desain OnePlus 2. Jika sedang tidak digunakan, lampu navigasi juga akan 'bersembunyi' dibalik gelapnya layar ponsel ini.

Frame metal kuat dan ringan : Campuran magnesium dan aluminium adalah bahan untuk membuat frame OnePlus 2. Desain ini membantu menangkap sinyal ideal sekaligus menjaga suhu smartphone.

3. Alasan OnePlus melepas teknologi NFC


Walau menyebut diri sebagai "2016 flagship killer" tapi OnePlus 2 tidak dilengkapi oleh teknologi NFC. Kenapa? Hal ini disebabkan oleh para pengguna OnePlus One. Kok bisa? OnePlus mendapat berbagai masukan dari para fans dan pengguna One, ditambah pengamatan mereka terhadap para pengguna produk pertama mereka. Mereka akhirnya menyimpulkan bahwa para penggunanya (sebagain besar-red) tidak menggunakan NFC.

Apakah ini sebuah blunder, benar-benar mendengarkan fans atau sekedar memotong pengeluaran? Bagaimana pun, NFC telah menjadi teknologi yang cukup populer di kalangan smartphone berbasis Android, walau harus diakui belum begitu banyak digunakan.

4. OnePlus 2 tidak support Quick Charging


Quick Charging adalah teknologi yang dimiliki Qualcomm namun tidak bisa digunakan oleh OnePlus 2. Kenapa? Sederhana karena teknologi tersebut memerlukan power controller khusus dan tipe USB yang sesuai. Sangat mungkin bahwa saat ini belum ada power controller yang mampu mendukung perpaduan antara teknologi Quick Charging 2.0 dengan USB Type-C.

Tapi, belum diketahui apakah teknologi tersebut benar-benar belum ada saat ini ataukah ini sebuah strategi penghematan dari OnePlus. Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan OnePlus 2 untuk melakukan full-charging (dari 0-100%), sekitar 3 jam 20 menit.

5. Harga OnePlus 2


Sesuai janji dari CEO OnePlus, produk terbaru mereka benar-benar dijual dengan harga dibawah $450. Akan tersedia dua varian untuk OnePlus 2 yaitu versi 64GB dengan RAM 4GB serta versi 16GB dengan RAM 3GB.

versi 64GB dijual dengan harga $389 sementara $329. Untuk saat ini, hanya pembeli yang memiliki undangan (invitation) yang akan mendapat OnePlus 2 pada 11 Agustus 2015 mendatang. Sementara kapan produk ini akan dijual bebas masih belum diketahui.

Antusiasme orang-orang di internet terhadap OnePlus 2 bisa dibilang cukup besar, bagaimana situs-situs teknologi ternama menghadirkan berita di hari peluncurannya adalah bukti besarnya keingin tahuan pada produk ini.

Tapi, apakah penjualannya akan melampaui penjualan OnePlus One yang sudah terjual 1,5 juta unit di seluruh dunia? Kita nantikan saja.

Related : Semua yang Perlu Diketahui tentang OnePlus 2