Berita dunia Teknologi dan Hiburan

Friday, July 24, 2015

Rise of the Tomb Raider Tidak Lagi Eksklusif untuk Xbox

Rise of the Tomb Raider termasuk salah satu game yang digadang-gadang menjadi game eksklusif andalan Microsoft untuk konsol Xbox. Tapi, Square Enix akhirnya mengkonfirmasi bahwa game ini juga akan dirilis untuk PC dan tentu saja PS4. Walaupun, perilisannya akan telat beberapa bulan dibanding untuk versi Xbox.

Hal ini sebenarnya bukan berita yang begitu mengejutkan, karena setelah Microsoft mengumumkan di panggung Gamescon 2014 bahwa Rise of Tomb Raider akan ekskulif untuk Xbox. Bos Xbox, Phil Spencer sempat mengatakan bahwa status eksklusif tersebut tidak akan bertahan selamanya. Selama ini, Microsoft tidak pernah membeli IP Tomb Raider dan hanya mengikat kontrak bahwa game tersebut akan hadir pertama kali untuk Xbox pada 2015 sebelum dirilis di platform lain.


Jika sesuai jadwalnya, maka Rise of the Tomb Raider akan dirilis untuk Xbox One dan Xbox 360 pada 10 November 2015 mendatang. Sementara versi PC akan hadir pada awal 2016 sedangkan versi PS4 akan hadir pada akhir 2016.

Rise of the Tomb Raider versi Xbox akan diterbitkan oleh Microsoft sementara versi PC dan PS4-nya akan diterbitkan oleh Square Enix. Selama ini banyak pertanyaan muncul mengapa game ini dirilis juga untuk versi Xbox 360 yang usianya sudah hampir 10 tahun? Banyak yang berharap jika dirilisnya game ini untuk konsol lawas tersebut tidak akan menghambat teknologi terbaru pada game ini.

Namun, disisi lain, apakah dengan dirilisnya versi Xbox 360 akan membuka kesempatan untuk hadirnya game ini untuk PS3? Belum ada penjelasan apapun mengenai hal tersebut.

Tags :

Related : Rise of the Tomb Raider Tidak Lagi Eksklusif untuk Xbox